Kamis, 23 Oktober 2014

Landasan Teori Wahid

LANDASAN TEORI

A. Pengenalan Ruang MDF (Main Distribution Frame)
       MDF (Main Distribution Frame) adalah unit terminal berkapasitas besar sebagai tempat terminasi kabel dari sentral dan kabel primer dari tempat awal kabel primer yang menuju ke jaringan. MDF sebagai salah satu unit yang ada di PT. Telkom STO (Sentral Telepon Otomat) mempunyai fungsi-fungsi khusus, yaitu :
1. Tempat penyambungan antara kabel primer dengan kabel sentral.
2. Tempat pengetesan dalam melokalisir gangguan.
3. Tempat melakukan penjumperan kabel telepon.
      Penjumperan adalah proses pengalihan line telepon biasa menjadi line telepon yang bisa melakukan pengiriman data digital tingkat tinggi. Untuk proses penjumperan didalam dilakukan dalam sebuah ruangan khusus yang berisi ribuan jalur kabel tembaga telepon, yang tersusun rapi dalam sebuah rak setinggi ± 3M. Jadi proses penjumperan itu dilakukan dengan cara menyambungkan kabel telepon dari terminal “in” hingga DSLAM “out” menuju terminal primer dengan alat khusus yang bernama Kronection. Kronection inilah yang berfungsi menyambungkan kabel telepon yang belum menggunakan teknologi ADSL kedalam jalur lain yang telah dibuat khusus untuk jalur koneksi tingkat tinggi yang telah menggunakan teknologi ADSL. 

B. Perangkat Ruang MDF :
1.  EQN  ( Equipment Number )
            EQN adalah sebuah perangkat yang di gunakan untuk penomoran nomor telepon rumah pelanggan, jadi pada inti nya EQN sebagai pemberi nomor telepon untuk pelanggan secara manual.
 
  2.  Dslam (Digital Subscriber Line Access Multiplexer) In 
Dslam In adalah sebuah perangkat untuk menghubungkan dan memisahkan sinyal data, nah Dslam In ini adalah proses input dari EQN, jadi apabila calon pelanggan ini ingin memasang telepon langkah pertamanya adalah menghubungkan dari EQN ke Dslam In dan masuk ke primer.

3.  Primer
Primer adalah perangkat yang di gunakan untuk meneruskan proses pemasangan dari EQN=>Dslam In dan bermuara ke Primer, Primer ini juga berfungsu untuk mengubah jaringan telepon ke sebuah sinyal data untuk bisa mengakses internet. Nah apabila si calon pelanggan ingin menjelajahi internet maka yang harus di lakukan menghubungkan dari Primer ke Dslam Out.

  4.  Dslam (Digital Subscriber Line Access Multiplexer)  Out
       Dslam Out adalah Perangkat yang berguna untuk pemasangan speedy, jadi artinya perangkat ini dapat merubah jaringan telepon yang dari Primer. Jadi apabila kita menghubungkan dari Primer ke Dslam Out maka akan bisa mengakses internet.

C. Alat Kerja Diruang  Di MDF :
   1. Mikrotest
Microtest adalah alat yang berbentuk seperti gagang telepon, digunakan untuk mengecek tone dan nomor tumpangan (pelanggan).
 
2. Tang Potong
Tang potong berfungsi untuk memotong kabel jumper.

3. Inserting Tool Huawei
Inserting Huawei adalah alat yang digunakan untuk menterminasi jumper di port DSLAM in dan out speedy.

4. Inserting Tool
Inserting tool berfungsi untuk menterminasikan jumper wire ke port EQN, Terminal Primer, dan TLAN.
 
5. Tone Checker
Tone Checker berfungsi untuk mencari ujung kabel dengan menempatkan alat tone checker (perempuan) pada ujung jumper dan mencari ujung yang lainya dengan menggunakan tone checker (laki – laki).

6. Isoliran
Isoliran berfungsi untuk memblokir. Apabila isoliran ini ditaruh pada EQN, maka yang aktif hanya dari sentral sampai EQN dan apabila isoliran ini ditaruh pada primer maka yang tidak aktif adalah dari primer sampai pelanggan.

7.Arrestor

Arrestor adalah suatu komponen kelengkapan Blok Terminal yang berfungsi sebagai penyalur arus lebih yang melewati urat kabel langsung ke Sistem Pentanahan.

0 komentar:

Posting Komentar