Kamis, 23 Oktober 2014

LANDASAN TEORI KHALID

LANDASAN TEORI

A.   OLT (Optical Line Terminal)
        Optical Line Terminal  (OLT) merupakan sebuah perangkat yang berteknologi GPON (Gigabit Passive Optical Network) berfungsi sebagai koneversi dari sinyal elektrik menjadi optik, interfacing dengan sentral local, dan interfacing dengan ODN. dalam sebuah GPON bisa terdiri atas beberapa ODN yang berfungsi untuk transport dan distribusi data dari OLT  ke ONT/ONU. Komponen pendukung lainnya  adalah Pasive/Active Splitter (PS/AS) yang berfungsi untuk mendistribusikan daya optik ke cabang atau pelanggan. Perangkat OLT terletak di sentral local, STO (Sentral Telphone Otomate).
1.      Bagian-Bagian Umum OLT
       Secara umum perangkat OLT yang menunjang untuk sarana Telekomunikasi ada empat bagian yaitu. Modul Control, Modul Pelanggan (Trancivier), Modul Transport (Up-Link), Modul Catu Daya. Yang tergabung dalam satu perangkat. Seperti yang ditunjukan pada gambar berikut :
                             
                                    
                Gambar 2.1 Perangakat OLT
2.      Secara umum penjelasan mengenai bagian-bagian OLT adalah :
a.       Modul Pelanggan
       Modul pelanggan digunakan pada perangkat OLT. Pada bagian port yang kosong untuk dihubungkan ke pelanggan.
b.       Modul Control
       Bagian ini digunakan untuk mengontrol modul pelanggan yang berguna untuk memasukkan IP dan meregister diperangkat OLT.     
c.        Modul Up-Link
                 Modul ini merupakan central processing sebagai uplink yang terhubung ke bagian Metro Ethernet.
d.       Modul Catu Daya
                  Modul ini merupakan tempat untuk menghubungkan tegangan listrik, bisa disebut dengan modul power.

3.      Cara kerja OLT secara umum
       Prinsip kerja OLT pada prinsipnya dimana OLT terhubung langsung dengan Metro Ethernet. Sinyal optik di distribusikan kea arah ONT/ONU melalui passive splitter. ONT/ONU mentransmisikan sinyal elektrik untuk layanan triple play kepada user. Optical Distribution Network (ODN) adalah jaringan optic yang menghubungkan antara OLT dan ONT/ONU. ONT/ONU disambungkan Set Top Box (STB) untuk layanan IPTV, STB berfungsi untuk mengkonversi digital signal menjadi analog signal yang berada di sisi user untuk mengakses IPTV. Sedangkan ONT/ONU langsung terhubung pada personal komputer (PC) untuk layanan data (internet) dan telepon untuk layanan Voice.
Gambar 2.2 Topologi Teknologi GPON







4.      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja OLT
        Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja dari GPON. Faktor tersebut antara lain :
a.        Material passive splitter
       Secara umum OLT adalah perangkat yang mendukung untuk sarana Jarlokaf oleh karena itu kestabilan redaman cahaya dari jaringan sangat penting terhadap kinerja dari OLT. Ketidak stabilan redaman tersebut menyebabkan kinerja OLT menurun. Hal tersebut dapat ditemui di material passive splitter yang hubungannya dengan OLT adalah membagi sinyal cahaya ke palanggan. Di material passive spliter ada kaca prisma, kaca prisma sering menjadi  faktor yang mempengaruhi perangkat Optical Line Terminal (OLT), sebab kaca prisma kurang bisa bertahan lama dan sering cacat pabrikan.
b.        Kondisi Lingkungan
       OLT merupakan kumpulan modul yang masing-masing modul terdiri dari komponen elektronik. Komponen elektronik memerlukan kondisi tertentu agar dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu OLT memerlukan kondisi tertentu sehingga dapat bekerja secara optimal. jika kondisi tersebut dilampaui, maka dapat menuruunkan kinerja dari OLT tersebut.
5.         Kerusakan pada OLT
       Kerusakan OLT pada umum nya belum bisa diketahui karena OLT tergolong teknologi atau perangkat yang baru. Tetapi untuk perangkat OLT  harus sering dicek dan dipantau alrm perangkatnya, dengan menggunakan NMS ( Network Management System).

                                                                                     
                              
Gambar 2.3 Lampu indikator

6.      Jenis-jenis Optical Line Terminal (OLT)
       Adapun jenis-jenis dan type/merk dari OLT yang ditemui saat Pelaksanaan Sistem Ganda (PSG) antara lain :

Gambar 2.4 OLT Alcatel Lucent Type 7360 ISAM FX-16
Gambar 2.5 OLT ZTE Type C300

Gambar 2.6 OLT ZTE Type C220
       Pada masing-masing Type gambar OLT diatas tidak ada perbedaannya untuk mentransmisikan data kepelanggan. Hanya saja perbedaan fisik yang terlihat, karena setiap jenis OLT mempunyai jumlah port pelanggan yang berbeda. Seperti jenis OLT Alcatel Lucent Type 7360 ISAM FX-16 mempunyai jumlah port pelanggan sebanyak 16 port setiap modulnya. ZTE Type ZXA10220 mempunyai jumlah port pelanggan sebanyak 4 port setiap modulnya. ZTE Type C300 mempunyai jumlah port pelanggan sebanyak 4 port setiap modulnya.











3 komentar: